PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN part 7

2.5   Kampanye

Menurut Rogers dan Storey (1987) dalam buku Manajemen Kampanye yang ditulis oleh Antar Venus, mendefinisikan kampanye sebagai serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Sedangkan menurut Pfau dan Parrot (1993) masih dalam buku yang sama, kampanye adalah suatu proses yang dirancang secara sadar, bertahap dan berkelanjutan yang dilaksanakan pada rentang waktu tertentu dengan tujuan mempengaruhi khalayak sasaran yang telah ditetapkan.

Kampanye merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan secara terlembaga,   penyelenggara   kampanye   bukanlah   individu    tetapi lembaga atau organisasi, lembaga tersebut dapat berasal dari pemerintah, swasta atau lembaga swadaya masyarakat (LSM). Setiap aktivitas kampanye setidaknya  plastik harus memiliki empat hal yaitu, tindakan kampanye ditujukan untuk menciptakan efek atau dampak tertentu, jumlah khalayak sasaran yang besar, dipusatkan dalam kurun waktu tertentu, dan melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisasi.

 

2.5.1  Jenis Kampanye

Charles U Larson (1992) dalam buku Manajemen Kampanye yang  ditulis  oleh  Antar  Venus,  membagi  jenis  kampanye  ke dalam tiga kategori, yaitu:

  • Product-oriented campaigns atau kampanye yang berorientasi pada produk yang umumnya terjadi di lingkungan bisnis. Istilah lain yang  biasa   digunakan   yaitu   commercial   campaigns, motivasi yang mendasari kampanye ini adalah memperoleh keuntungan finansial. Cara yang ditempuh adalah dengan memperkenalkan produk dan melipatgandakan penjualan sehingga memperoleh keuntungan yang diharapkan. Contoh: kampanye rokok atau kampanye Telkom Flexi.
  • Candidate-oriented campaigns     atau     kampanye     yang berorientasi pada kandidat umumnya dimotivasi oleh hasrat untuk meraih kekuasaan politik, kampanye ini disebut pula political campaigns. Tujuannya antara lain untuk memenangkan dukungan  masyarakat  terhadap  kandidat-kandidat  yang diajukan partai politik. Contoh: Kampanye pemilu. Menghindari kantong plastik.
  • Ideologically or   cause   oriented   campaigns   adalah   jenis kampanye yang berorientasi pada tujuan-tujuan yang bersifat khusus dan berdimensi pada perubahan sosial. Kampanye ini disebut pula social change campaigns, yaitu kampanye yang ditujukan  untuk  menangani  masalah-masalah  sosial  melalui perubahan  sikap  dan  perilaku  publik  yang  terkait.  Contoh: Kampanye konversi minyak tanah ke gas.

baca juga : http://plastikvacuum.mesinkemasplastik.com/