PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN part 6

Untuk sampah-sampah  berbahan  plastik lain  seperti botol susu, tempat makan, komputer atau televisi merupakan sampah- sampah yang dibuang secara berkala, sampah-sampah seperti ini umumnya dibuang ketika sudah tidak terpakai atau rusak dan sebagian dari barang-barang tersebut dapat didaur ulang atau dipergunakan kembali untuk keperluan lain.

Maka yang tersisa adalah sampah kantong plastik, sampah kantong plastik ini tidak diambil oleh pemulung karena tidak memiliki nilai jual meskipun dapat didaur ulang. Sehingga, sampah kantong plastik ini lebih banyak menumpuk di tempat sampah dan akhirnya dapat membahayakan lingkungan dan bila lingkungan sudah tidak sehat, maka hal ini akan berimbas pula pada makhluk hidup di lingkungan tersebut.

 

2.4.2  Bahaya Sampah Kantong Plastik Terhadap Lingkungan

Menurut Kuncoro Sejati (2009), sampah kantong plastik merupakan limbah yang membahayakan lingkungan karena materialnya sulit diurai oleh alam. Dibutuhkan waktu 80 sampai

200 tahun agar sampah kantong  plastik terurai secara alami. Sementara,   sampah   kantong   plastik   yang   dihasilkan   oleh manusia setiap harinya mencapai 26.500 ton per hari dari rata- rata masyarakat Indonesia yang berjumlah 220 juta jiwa.

Jika sampah kantong plastik dibuang atau dibiarkan di tanah, maka kantong plastik tersebut lambat laun akan mengganggu kesuburan tanah karena zat kimia yang terkandung didalam kantong plastik dapat merusak tanah. Selain itu kantong plastik tersebut tidak akan hancur didalam tanah hingga jangka waktu

80 – 200 tahun sehingga dapat mengganggu penyerapan air dan mengganggu pertumbuhan tanaman.

Jika sampah kantong plastik dibakar, akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu antara lain memicu  penyakit  kanker,  hepatitis,  pembengkakan  hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi. Asap dari hasil pembakaran  sampah-sampah  itu  pun  akan  menambah  kadar gas rumah kaca di atmosfer yang menyebabkan global warming.

Jika  sampah  kantong  plastik  dibuang  atau  dibiarkan  di sungai, maka akan menyebabkan pendangkalan sungai, mengotori sungai, merusak habitat makhluk hidup di sungai tersebut dan menyumbat aliran air, yang akhirnya dapat berpotensi menyebabkan terjadinya banjir.

baca juga : http://plastikvacuum.mesinkemasplastik.com/