PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN part 5

Maka diperoleh kesimpulan hasil kuesioner yang telah dibuat ke dalam bentuk grafik sebagai berikut:

  • 75% dari responden  sangat  sering  menggunakan  kantong  plastik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Hanya 12% dari responden yang sangat sering membawa kantong belanja sendiri ketika berbelanja.
  • 75% dari   responden   sering   menerima   kantong   plastik   ketika berbelanja, 25% dari responden yang telah berusaha menolak diberi kantong plastik ketika berbelanja.
  • 66% diantara responden beralasan lebih praktis bila tidak membawa kantong belanja sendiri, sementara 10% beralasan lupa, 16% beralasan malas untuk membawa kantong belanja sendiri. Dan 8% yang beralasan tergesa-gesa.
  • 78% responden sangat  sering  menyimpan  kantong  plastik  setelah digunakan. Sementara yang sangat sering membuang langsung kantong plastik hanya 22%.
  • Kantong plastik yang telah disimpan, sangat sering digunakan kembali oleh 40% responden. Dan sebanyak 60% responden menggunakan kembali kantong plastik ini untuk dijadikan tempat sampah.
  • Hanya 26% saja yang sudah menyadari dampak buruk sampah plastik bagi lingkungan.

 

2.4   Sampah Plastik

Berbagai macam barang atau produk berbahan plastik berada di sekeliling kehidupan manusia, kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa terlepas dari barang-barang yang berbahan plastik, maka tentu saja hal ini  berdampak  pada  semakin  meningkatnya  jumlah  sampah  plastik yang dihasilkan manusia setiap harinya.

2.4.1  Jenis Sampah Plastik

Setiap jenis barang atau produk yang berbahan plastik, setelah   dimanfaatkan   oleh   manusia   pada   akhirnya   akan terbuang dan menjadi sampah (Wied Harry, 2010, h.5). Berbagai jenis  sampah  plastik  seperti  sampo,  pembungkus  detergent, sikat gigi, botol susu, tempat makan, pembungkus kopi, pembungkus sabun cuci piring, permen, makanan ringan, botol air minum, galon air, kantong plastik, bahkan televisi dan komputer telah memenuhi sebagian besar tempat sampah.

Namun sebagian besar sampah plastik seperti botol sampo, sikat gigi atau botol air minum, dapat dikumpulkan kembali oleh pemulung untuk dijual atau dimanfaatkan kembali. Sementara untuk pembungkus kopi, detergent, atau pewangi pakaian oleh sebagian masyarakat didaur ulang kembali menjadi barang- barang yang bernilai jual seperti tas, dompet dan aksesoris lain.

baca juga : http://plastikvacuum.mesinkemasplastik.com/